Mengenal Ragam Jenis Tangga Rumah: Pilihan yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Tangga rumah merupakan elemen penting dalam desain dan fungsionalitas rumah. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis tangga rumah yang tersedia, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenisnya.

Model Tangga Lurus Minimalis

Inspirasi model tangga rumah yang pertama adalah desain lurus yang minimalis. Bisa dikatakan jika model tangga ini cukup banyak digunakan karena desainnya yang simpel. Namun, untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menambahkan material lain, seperti kaca atau material kayu yang dikombinasikan dengan lantai parket.

Model Railing Tangga Besi Hollow

Model railing tangga dengan material besi hollow bisa menjadi alternatif jika ingin memiliki tangga simpel namun masih stylish. Tangga dengan railing besi ini tidak hanya kokoh, tetapi juga bisa menambahkan kesan modern pada hunian Anda.

Model Tangga Beton

Jika memiliki rumah dengan tema industrial atau unfinished, maka model tangga beton dapat Anda jadikan pilihan. Tambahkan railing tangga dengan material besi atau kayu agar tidak terlalu monoton dan menambah kesan industrial.

Baca Juga:  8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis & Estetik untuk Rumah Anda

Model Floating Stairs

Desain tangga rumah selanjutnya adalah floating stairs yang cocok untuk rumah berkonsep minimalisKerap disebut juga sebagai cantilever stairs, tangga ini terbuat dari balok-balok yang disusun lalu diberi penahan di bagian bawah dan sisi-sisinya untuk memberikan efek melayang. Materialnya bisa Anda sesuaikan dengan tema, umumnya terbuat dari kayu dan besi.

Model Tangga Melingkar

Ingin memiliki model tangga yang unik dan cantik? Model tangga melingkar cocok untuk Anda yang ingin menghemat tempat. Anda dapat menambahkan beberapa hiasan, seperti tanaman agar tangga terlihat lebih indah.

Tangga Geser Ala Perpustakaan

Jika memiliki perpustakaan kecil dengan konsep mezzanine, tangga geser dapat membantu meningkatkan efisiensi pada hunian Anda. Tangga terbuat dari material besi, dimana pijakannya memiliki ukuran yang lebih kecil. Sebelum membuat tangga ini, pastikan Anda sudah mempertimbangkan aspek keamanannya karena jenis tangga ini lebih landai dan memiliki tingkat kemiringan yang besar.

Model Tangga Split

Desain tangga rumah split akan membuat interior semakin megah dan unik. Model ini cocok untuk rumah dengan mezzanine, di mana terdapat dua cabang tangga di bagian atas yang terhubung dengan lantai. Pada area ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan untuk tempat bermain anak atau ruang kerja.

Model Tangga Berbentuk U

Inspirasi model tangga rumah selanjutnya adalah berbentuk U. Memiliki nama switchback, jenis desain tangga ini terdiri dari dua buah model tangga lurus yang dipadukan oleh bordes dengan sudut 180 derajat. Tangga berbentuk U terlihat compact dan bisa memberikan kesan private pada rumah Anda.

Tangga Berbentuk L

Model tangga ini merupakan variasi dari model tangga lurus dengan menambahkan sedikit lekukan agar tangga membentuk huruf L. Model tangga ini biasanya berada di pojok ruangan agar memaksimalkan bentuk dan efektifitas pemakaian ruang.

Dengan memahami ragam jenis tangga rumah ini, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, gaya desain, dan anggaran Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan ruang yang tersedia, estetika, dan keamanan saat memilih jenis tangga untuk rumah Anda.